Kabar baik bagi pengguna Iphone terkhusus yang menggunakan iOS 11 yang ada di perangkat iPhone 6S dan iPhone 7+. Bukan cara 100% memang, tapi dengan cara ini kita bisa membuar battery iPhone sedikit lebih hemat. Berikut Tips dan Trik nya :

1. Periksa Penggunaaan Baterai Tiap Aplikasi

Cara awal ini untuk mengetahui aplikasi apa saja yang banyak memakan battery, setelah itu sobat bisa tau untuk langkah selanjutnya, Apakah sobat mau meng-uninstal atau mencari aplikasi alternatif.

2. Gunakan Low Power Mode

Fitur ini memang sudah ada dari iOS sebelumnya ya. Dengan mode ini kita bisa menutup beberapa fitur seperti penerimaan email otomatis, aktifasi suara SIRI, efek efek visual dan lain lain.

Nah dengan langkah tersebut kita bisa menghemat pemakaian battery yang berlebih. Tapi mode low power ini akan secara acak memangkas semua fitur dan aplikasi tanpa kita tahu pasti apa saja.

3. Non-Aktifkan Auto-Brightness

Untuk cuaca sekarang yang terus bersinar meskipun dalam kondisi hujan, bisa d pastikan pengguna iPhone d luar ruangan akan mengaktifkan layar ke posisi maksimal dan membuat battery jadi boros. Tapi sobat bisa mengakali dengan mematikan fitur Auto-Brightness.

Anda bisa mengaktifkan auto brightness di menu Setting >> General >> Accesibility >> Display Acomodations >> Non aktifkan Brightness.

Nah setelah itu sobat bisa mengatur Brightnees sesuai dengan kebutuhan sobat.

4. Atur Pengambilan Data Email

Sekarang mayoritas kita biasanya berinteraksi melalui aplikasi chatting sepertu bbm, wa ataupun line. Jarang sekali yang menggunakan Email.

Jika kalian termasuk type seperti ini anda bisa menghemat battery dengan lebih baik. Cara nya seperti apa ? Setting >> Account & password >> Fetch new Data Data. Nah di situ sobat bisa mematikan sistem push dan geser ke bawah untuk meng aktifkannya.

5. Non aktifkan Hey SIRI 

Sama seperti google assisten yang hanya mengucapkan "OK Google" di iPhone juga terdapat fitur assistant dengan mengucapkan "Hey SIRI" . Hal ini berpotensi aktif secara tak sengaja dan efeknya bisa membuat battery lebih boros.

Cara menon aktifkannya dengan masuk ke menu Setting >> siri & search dan non aaktifkan Listen To "Hey Siri".

6. Non Aktifkan Efek Visual

Untuk cara ini kita tidak tau apakah efisien atau tidak, tapi tidak ada salahnya di coba. Masuk ke menu Setting >> General >> Accessibility >> Reduce Motion. Kemudian aktifkan fitur ini.

7. Batasi Auto Download dan Background Refresh

Saat aplikasi tidak d gunakan biasanya aplikasi akan melakukam refresh data. Kemudian, ada juga aplikasi secara otomatis menarik data baru atau yang biasa d sebut auto download.

Nah untuk cara pertama kita bisa masuk ke Setting >> iTunes & App Store >> matikan update auto download.

Cara kedua untuk mematikan background refresh sobat bisa masuk ke menu Setting >> General >> Background App Refresh >> matikan Background App Refresh. Atau sobat bisa memilih aplikasi apa saja yang di ijinkan untuk melakukan background refresh yang ada d sebelah kanan icon aplikasi.