Assassin's Creed Origins adalah game stealth action-adventure yang dimainkan dari perspektif orang ketiga. Pemain harus menyelesaikan quest dan ikutin alur storynya agar bisa mendapatkan poin experience dan memperoleh keterampilan baru.

Pemain juga dapat dengan bebas menjelajahi setiap sudut tempat dengan berjalan kaki, menunggang kuda, naik unta atau kapal untuk menjelajahi lokasi, melengkapi pencarian quest, membuka senjata dan peralatan.

Mode "eagle vision", yang diberikan oleh game ini untuk memberikan pemain kemampuan melakukan pantauan di suatu daerah dengan menyoroti musuh dan benda, akan digantikan oleh seekor elang bernama Senu sebagai teman. Pemain akan bisa mengendalikan Senu dan mengintai daerah di suatu tempat.

Pemain juga bisa menjinakkan berbagai predator yang akan menjadi pendamping bagi para pemain dan membantu mereka melawan musuh. Tema pertarungannya masih seperti pada seri sebelumnya seperti pertarungan kapal, explorasi bawah laut dan perampokan makam.

Namun, tidak seperti game sebelumnya dalam seri Origins tidak akan akan ada mode memanjat tiang atau benda yang berstruktur tinggi untuk membuka area peta.

Permainan ini juga akan merevisi mode bertarungnya. Judul sebelumnya dalam serial Assassin's Creed menggunakan "sistem animasi berpasangan" dimana ketika karakter utama terlibat dengan musuh dan pertempuran akan berfokus pada serangkaian objek yang telah ditentukan berdasarkan masukan pemain dan gerakan AI scripted.

Lain halnya dengan game Assassin's Creed Origins, game ini akan beralih ke "sistem hit-box". Ketika pemain memegang senjata, mereka akan menyerang apa pun yang ada dalam jangkauan, yang memungkinkan mereka memukul musuh secara langsung, melukai bagian tubuh secara individual, dan menciptakan damage langsung ke musuh.

Pemain juga akan dilengkapi dengan perisai dan perlu menaikan kemampuan ofensif dan defensif mereka. Lokasi dalam dunia game juga akan dirancang untuk pemain agar bisa memilih pertarungan secara diam diam untuk bisa menyelesaikan quest.

Nah sepertinya seru ya game terbaru dari assasin series ini...wajib untuk mencobanya..!!
Dan game ini akan rilis pada tanggal 27 oktober mendatang, jadi buat kalian pecinta assasin series mohon bersabar ya.